Thursday, 30 July 2015

Kerjakan Keselamatanmu

Ditulis Oleh: Pnt. DR. Timotius Hardono, MA


“Tetap kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar.."(Filipi 2:12)

“Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman, itu bukan hasil usahamu tetapi pemberian Allah.” (Efesus 2:8)

Keselamatan yang kita terima adalah karena Yesus sudah lebih dulu mati untuk tebus dosa kita. Keselamatan itu dapat diambil dari kita jika kita tidak mengerjakan dengan tekun dan takut akan Tuhan, keselamatan itu akan diambil jika kita hidup dalam dosa. Terus kerjakan keselamatan itu sampai Tuhan datang untuk kali yang kedua.
                                        
Bagaimana Mengerjakan Keselamatan :

1.      Ada bagian kita, ada bagian Allah, dan ada bagian orang lain
“Sebab inilah yang diperintahkan kepada kami : Aku telah menentukan engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya engkau membawa keselamatan sampai ke ujung bumi.” (Kisah Para Rasul 13:47)

Bagian kita adalah terus melakukan apa yang menjadi isi hati Tuhan dengan begitu kita tetap berada dalam rancangan keselamatan yang sudah Tuhan berikan kepada kita. Keselamatan itu sendiri berasal dari kasih karunia yang kita peroleh karena Yesus lebih dulu dieksekusi mati untuk tebus dosa kita. Itu bagian yang dilakukan Tuhan. Bagian orang lain adalah menjadi partner untuk kita dalam memenuhi rancangan Tuhan dalam hidup kita. Terkadang apa yang kita alami bersama partner kita sering kali membuat kita meragukan keselamatan yang sudah kita peroleh oleh kasih karunia.

2.      Harus tetap berjalan dalam rel kerajaan Allah
“Sebab dukacita menurut kehendak Allah menghasilkan pertobatan yang membawa keselamatan dan yang tidak akan disesalkan, tetapi dukacita yang dari dunia ini menghasilkan kematian.” (2 Korintus 7:10)

Roh Allah dapat meninggalkan kita, keputusan kita hari ini adalah bagaimana kita hidup ke depan itu menentukan apakah Roh Allah akan terus bersama dengan kita atau tidak. Kita tidak pernah salah dengan masa lalu kita, tetapi kita bisa mengubah masa depan kita. Tuhan tidak peduli dengan masa lalu kita, tetapi Dia peduli akan masa depan kita. Karena itu jika kita lalai dalam mengerjakan keselamatan kita maka kita akan kehilangan kasih karunia Allah. Roh Allah meninggalkan hidup kita dan itu sangat disayangkan.

3.      Ketakutan yang kudus
“Demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia.” (Ibrani 9:28)

Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk berbuat kebaikan. Tetapi hanya dengan satu hal buruk yang kita lakukan semua hal baik itu akan tercemar. Jika kita takut berbuat dosa itu adalah ketakutan yang kudus, tetapi jika kita takut memberi pengampunan itu adalah ketakutan yang tidak kudus, itu adalah kesalahan dan itu dosa. Jika kita takut memberikan keadilan tetapi melakukan pelanggaran itu adalah dosa di mata Tuhan, dan keselamatanmu akan diambil dari padamu.

Kerjakan apa yang menjadi bagianmu, dan lakukan itu dengan tekun seolah-olah tidak ada lagi hari esok untuk dapat melakukan hal itu lagi. karena apa yang kita putuskan dan kita lakukan hari ini itu menentukan bagaimana kita ke depannya, jangan pernah takut melakukan apa yang dipandang baik oleh Allah, karena dengan melakukan apa yang jahat di mata Tuhan membuat kita kehilangan kasih karunia dan juga damai sejahtera. Tetapi hidup dalam pimpinan Roh kudus itu membuat kita berlari dalam rel tujuan Tuhan bagi kita, amin. Tuhan Yesus memberkati.

“Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.”

(Kisah Para Rasul 4:12)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah menulis komentar yang positif.