Tuesday, 18 August 2015

7 Karakter yang Harus Dimiliki Orang Benar

Ditulis oleh: Pnt. Drs. Kornelius Setiawan
Ada karakter ada karisma. Karisma yang membuat orang dapat naik ke puncak tetapi karakterlah yang membuatnya tetap bertahan. Bahkan ada sebuah buku yang berjudul “Kesuksesan di mulai dari karakter”. Melihat kenyataan ini, kita melihat betapa karakter begitu penting, dan harus dimiliki oleh orang-orang benar. Firman Tuhan tidak akan pernah berubah. Tuhan Yesus dalam firmannya menghendaki karakter (buah) bukan hanya karisma. Percayalah bahwa Tuhan Yesus sanggup merubah karakter kita menjadi sama seperti Dia.  Berikut 7 karakter yang harus dimiliki orang benar:
  
1. Kejujuran atau integritas (Matius 25:14-30)


Karakter yang harus dimiliki orang benar adalah jujur. Jujur artinya berintegritas dan dapat dipercaya. Orang yang berintegritas akan tetap melakukan yang terbaik walaupun tidak diawasi. 2 Timotius 1:14 “Peliharalah harta yang indah, yang telah dipercayakan-Nya kepada kita, oleh Roh Kudus yang diam di dalam kita.” Mari kita tetap berkarakter jujur (beriontegritas) sekalipun keadaan sekeliling kita tidak melakukannya.
                                                                  
2. Rajin (Amsal 6:6)


Semut adalah binatang yang kecil dan lemah tetapi mereka adalah binatang yang rajin. Semut tidak pernah behenti mengumpulkan makanan. Karakter seperti ini harus kita miliki, yaitu rajin. Amsal 12:27 “Orang malas tidak akan menangkap buruannya, tetapi orang rajin akan memperoleh harta yang berharga.” Orang malas tidak akan mendapat apa yang diinginkannya, tetapi orang yang rajin akan mendapatkan berkat.

3.Penguasaan diri / Pengendalian diri (Bilangan 11:4)


Orang yang menguasai diri adalah orang yang dapat mengendalikan nafsu atau keinginannya. Seorang dengan karakter ini tidak akan menjadi hedonisme, dia dapat menguasai keinginannya.
                                
4. Cakap (smart)


Cakap atau smart adalah karakter yang harus dimiliki oleh orang benar. Bukan hanya hebat dalam kerohanian tetapi juga cakap dalam segala sesuatu yang dipercayakan kepadanya. Orang yang cakap adalah orang yang mau terus belajar dan diajar untuk menjadi lebih baik.
                             
5. Murah hati (Matius 5:7)


Firman Tuhan berkata bahwa orang yang murah hati akan diberikan kemurahan juga. Orang yang murah hati pastilah tidak pelit. Orang yang pelit justru tidak akan mendapat apa-apa, tetapi orang yang murah hati pasti akan menuai kemurahan juga.
                      
6. Menghormati otoritas atau pemimpin (1 Timotius 6:2) 


Karakter selanjutnya yang harus dimiliki orang benar adalah menghormati otoritas atau pemimpin. Saat kita menghormati pemimpin kita, kita sedang dilatih untuk rendah hati.
                         
7. Dewasa  


Kedewasaan bukan bergantung kepada usia, tetapi kedewasaan adalah karakter. Orang yang memiliki karakter yang dewasa adalah seorang yang mampu membedakan apa yang baik, benar dan yang salah. Mampu mengambil keputusan dengan benar dan bertagungjawab dalam hidupnya.

No comments:

Post a comment

Terima kasih telah menulis komentar yang positif.