Friday, 7 August 2015

Berkat Terbaik

Ditulis oleh: Pnt. Drs. Kornelius Setiawan


I Petrus 3:9 mengatakan “Dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat.” Tuhan mempunyai rencana bagi kita orang percaya. Rencana atau panggilan Tuhan bagi hidup kita agar kita memperoleh berkat dan menjadi berkat bagi orang lain. Banyak orang salah mengartikan berkat Tuhan. Mereka menganggap berkat hanya soal harta benda dan uang, sehingga tidak jarang juga orang yang antipati kepada perkataan berkat. Padahal kalau kita baca ayat diatas panggilan Tuhan bagi kita adalah untuk diberkati dan menjadi berkat. Berkat bukan hanya berbicara tentang harta benda duniawi dan uang, tetapi berkat memiliki pengertian yang lain. Jangan takut untuk mendengar khotbah berkat, karena kata berkat itu sangat luas.
                                 
I Petrus 3:10-11 “Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu. Ia harus menjauhi yang jahat dan melakukan yang baik, ia harus mencari perdamaian dan berusaha mendapatkannya.” Dari ayat ini kita akan mendapat pengertian tentang kata berkat. Kata berkat dalam bahasa Alkitab memiliki pengertian : "perkataan yang indah dari Firman Tuhan". Dalam bahasa Ibrani digunakan kata "Berakhah" yang berarti : menghidupkan, memberi kemakmuran dan membebaskan. Jadi berkat Tuhan adalah perkataan yang indah. Apakah perkataan yang indah itu? Yaitu Injil atau Firman Tuhan. Juga dalam bahasa aslinya artinya sesuatu yang menghidupkan, memberi kemakmuran dan memerdekakan. Kata ‘berkat’ dalam bahasa Yunani digunakan kata "Eulogia". Eulogia diambil dari dua kata yaitu Eulo dan logia. Eulo artinya indah, cantik, bagus. Logia artinya: perkataan, logos atau Firman Tuhan. Jadi dapat kita simpulkan bahwa "berkat" mengandung pengertian kata-kata yang indah yaitu Firman Tuhan. Jadi kita dipanggil untuk diberkati dan memberkati berarti kita dipanggil untuk melakukan Firman Tuhan dan memberkati orang lain dengan kata-kata Firman Tuhan.

Lukas 24:50-51 “Lalu Yesus membawa mereka ke luar sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka. Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkatv ke sorga.” Sebelum Tuhan Yesus naik ke sorga Ia memberkati murid-murid-Nya. Mengapa Tuhan Yesus memberkati murid-murid-Nya? Agar murid-murid-Nya dapat menjadi berkat buat oranmg lain. Diberkati dan menjadi berkat berarti kita mengandalkan Tuhan dalam segala aspek hidup kita.


Mengapa harus mengandalkan Tuhan :                   

1. Tuhan punya rancangan yang terbaik


Kita mengadalkan Tuhan karena Tuhan selalu punya rancangan yang baik dalam hidup kita. Yesaya 29:11 mengatakan bahwa rancangan Tuhan bukanlah kecelakaan tetapi hari depan yang penuh harapan. Ketika kita mengandalkan Tuhan kita percaya bahwa rancangan Tuhan pasti terjadi dalam hidup kita dan rancangan itu adalah rancangan yang baik.
                                         
2. Tuhan punya cinta yang terbaik


Tuhan bukan hanya memiliki rancangan yang baik bagi kita, tetapi Dia juga memiliki kasih yang terbaik bagi kita. Kasih Tuhan bagi kita tidak pernah berakhir dan senantiasa baru bagi kita. Kasih Tuhan telah dibuktikan melalui pengorbanan-Nya dikayu salib untuk menebus dosa-dosa kita. Oleh sebab itu mari kita selalu mengandalkan Tuhan, sebab Ia sangat mengasihi kita.

3. Jalan Tuhan itu sempurna



Jalan-jalan Tuhan adalah jalan-jalan yang sempurna. Dan saat kita mengandalkan Tuhan berarti kita mau senantiasa ada dijalan-jalan Tuhan. Karena jalan-jalan Tuhan adalah jalan-jalan yang sempurna, maka ketika kita ada di jalan-Nya Tuhan kita akan mendapatkan semua yang baik yang Tuhan sediakan bagi kita.

No comments:

Post a comment

Terima kasih telah menulis komentar yang positif.