Monday, 10 August 2015

Mujizat Angin dan Sungai Roh Kudus

Ditulis oleh: Pnt. Dr. Timotius Hardono


Roh Kudus adalah pribadi dari Allah Tritunggal. Tritunggal bukan satu pribadi menjadi tiga tetapi tiga pribadi menjadi satu yaitu Bapa, Anak dan Roh Kudus. Ke Tritunggal Allah tampak jelas pada peristiwa baptisan Tuhan Yesus. Ketika Tuhan Yesus di baptis dan keluar dari air maka terdengarlah suara yang mengatakan “Inilah anak ku yang kukasihi...” sebagai pribadi Bapa dan pribadi Roh Kudus yang menyerupai burung merpati hinggap ke atas Tuhan Yesus. Juga dalam Kejadian 1:26 Allah menyebut diri-Nya dengan kata ganti orang pertama “Kita” yang merupakan bentuk jamak. Tritunggal Allah dapat dilihat melalui kita sebagai ciptaan yang segambar dan serupa dengan Allah. Manusia terdiri dari tiga yaitu tubuh, jiwa dan Roh. Roh Kudus sering pula digambarkan di dalam Alkitab sebagai tiupan angin, api, sungai, merpati, dll. Hari ini kita akan belajar bersama-sama mujizat angin dan sungai Roh Kudus.

Pada hari Pentakosta atau hari yang ke lima puluh semua murid-murid Tuhan Yesus berkumpul di loteng Yerusalem, lalu turunlah dari langit suara bunyi tiupan angin keras dan lidah-lidah api sehingga murid-murid dipenuhi oleh Roh Kudus (Kisah 2:1-13).

Mujizat Angin Roh Kudus :

1. Menjadi Nafas Kehidupan (Yohanes 20:22)
Roh Kudus dalam bahasa Ibraninya adalah Ruah atau Roh tetapi juga bisa berarti nafas Allah. Mujizat angin Roh Kudus dalam hidup kita adalah Ia memberi nafas kehidupan kedalam roh dan hidup kita. Nafas adalah hal yang penting bagi manusia sebagai mahkluk hidup. Tanpa nafas kita tidak dapat dikatakan mahkluk hidup. Begitu juga dengan roh kita, Roh Kudus memberi kehidupan dalam roh kita.

2. Mendengar Roh Kudus (Yohanes 3:8)
Angin memang tidak bisa kita lihat tetapi dapat kita rasakan dan dengar. Angin yang sangat keras dapat menghancurkan rumah dengan gemurunya yang dahsyat. Begitu juga dengan Roh Kudus, Roh Kudus memang tidak dapat kita lihat tetapi suara Roh Kudus dapat kita dengar. Saat kita melakukan yang tidak sesuai dengan kehendak tuhan maka kita akan mendengar Roh Kudus melalui roh kita mengingatkan kita. Oleh sebab itu senantiasa dengarkanlah Roh Kudus menuntun kita agar kita tetap berada di dalam jalannya.

3. Menuntun arah perahu kehidupan ( Kisah 27:13-16)
Mujizat angin Roh Kudus adalah Roh Kudus mampu menuntun arah perahu kehidupan kita. Kadang kita mengalami kesulitan dalam hidup ini tetapi kuasa Roh Kudus akan menuntun perahu hidup kita untuk kembali menemukan arahnya. Oleh sebab itu jangan takut, percaya kuasa mujizat Roh Kudus.

Selain digambarkan sebagai angin Roh Kudus juga digambarkan sebagai sungai. Mengapa sungai? Mazmur 1:1-3 mengatakan bahwa sungai itu membawa kehidupan. Roh Kudus adalah sungai yang membawa kehidupan sehingga pada akhirnya hidup kita akan berhasil.  Bagaimana kita dapat memperoleh berkat sungai Roh Kudus?
                                                
Yehezkiel 47 mengatakan bahwa ada sungai yang keluar dari Bait Allah, sungai ini sama dengan sungai yang mengairi Taman Eden, sama juga dengan sungai yang disebutkan didalam kitab Wahyu, serta sungai yang dikatakan Tuhan Yesus, karena sungai ini keluar dari Tahta Allah.
                                                             
Mujizat Sungai Roh Kudus (Yehezkiel 47: 1-12):

1. Membawa Berkat (ayat 6-8)
Sungai Roh Kudus yang mengalir dalam kehidupan kita akan mendatangkan pemulihan dan berkat-berkat dalam hidup kita. Dimanapun sungai itu mengalir ada pohon-pohon yang bertumbuh. Begitu juga dengan hidup kita. Saat sungai Roh Kudus mengaliri hidup kita amaka akan ada pemulihan-pemulihan dan berkat yang melimpah.
                                         
2. Membawa kehidupan (ayat 9-10)
Dimanapun sungai dari Bait Allah ini mengalir maka ada banyak ikan dan makhluk hidup yang hidup didalamnya. Saat sungai Roh Kudus mengalir dalam kehidupan kita maka akan ada banyak kehidupan yang terjadi didalamnya. Bahkan kehidupan yang telah mati juga akan dihidupkan kembali.
                                                
3. Membawa kesembuhan ( ayat 11-12 )

Dimana sungai itu mengalir tumbuh pohon buah-buahan dan juga pohon yang dapat menjadi obat. Saat kuasa Roh Kudus mengaliri hidup kita maka akan terjadi pemulihan-pemulihan bahkan kesembuhan-kesembuhan yang ajaib.

No comments:

Post a comment

Terima kasih telah menulis komentar yang positif.