Friday, 30 October 2015

5 Tuntunan Tuhan Memasuki Tahun Ayin Vav


Shalom, dari 13 September 2015 sampai 3 Oktober 2016 kalender orang Yahudi memasuki tahun 5776, yang mereka sebut dengan Ayin Vav.  Ayin adalah angka 70 yang mengambarkan sebuah mata, mata Tuhan dan mata kita. Mazmur 32:8 “Aku hendak mengajar dan menunjukkan kepadamu jalan yang harus kautempuh; Aku hendak memberi nasihat, mata-Ku tertuju kepadamu.” Mata Tuhan tertuju kepada kita untuk mengajar kita, memberi nasehat kepada kita, dan menunjukkan jalan yang harus kita tempuh. Kita akan dapat mengetahui semuanya itu kalau mata kita juga senantiasa  tertuju kepada Tuhan.

Tuntunan Tuhan memasuki tahun Ayin Vav (5776):

1. Tahun Yobel                         
Tahun Yobel adalah tahun pembebasan. Kalau saudara sedang mengalami ikatan atau masalah ekonomi, keluarga, sakit penyakit, ketergantungan kepada obat-obatan terlarang, apa saja, tahun ini adalah tahun Yobel atau tahun pembebasan buat kita. Tapi apa yang harus kita lakukan? Yang pertama kali harus kita lakukan adalah, kita harus bertobat. Minta ampun dan percaya kepada Tuhan, Tuhan mampu dan mau membebaskan kita.

2. Tahun Goncangan       
Kalau kita melihat goncangan-goncangan yang terjadi didunia, baik itu goncangan ekonomi, perang, dll terutama goncangan ekonomi yang terjadi di Indonesia hari-hari ini. Saya mengajak saudara setiap hari untuk berdoa buat Indonesia.
                      
3. Tahun Kedatangan Tuhan Sudah Dekat
Mari kita menyiapkan diri kita untuk menyambut kedatangan Tuhan. Kita diminta Tuhan untuk menyiapkan bagi Tuhan umat yang layak bagi-Nya.

4. Tahun Menepatkan Doktrin yang Banar sesuai Alkitab
Vav adalah angka 6  dalam huruf Ibrani. Bentuknya seperti paku atau patok tenda. Paku itu ditempatkan untuk memastikan sesuatu berada pada tempatnya, begitu juga dengan patok tenda. Saya diingatkan tahun 1993, Tuhan memberikan visi dari Yesaya 54:2-3  “Lapangkanlah tempat kemahmu, dan bentangkanlah tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkanlah tali-tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu! Sebab engkau akan mengembang ke kanan dan ke kiri, keturunanmu akan memperoleh tempat bangsa-bangsa, dan akan mendiami kota-kota yang sunyi.” Dan visi Tuhan dari ayat ini sudah terjadi bagi gereja-Nya. Dari 1 gereja kini telah menjadi 900, dari 400 jemaat sekarang telah menjadi 250.000 jemaat yang tersebar didalam maupun di luar negeri. Dan hari-hari ini Tuhan ingatkan kepada kita tentang “pancangkanlah kokoh patok-patok mu” artinya kita harus mengokohkan doktri yang benar sesuai dengan Alkitab secara utuh, tidak menambahi atau mengurangi. Hari-hari ini kita diingatkan tentang pengajaran kasih karunia yang over dosis. Kasih karunia sendiri adalah pengajaran yang indah bagi kita. Sebagai orang kristen kita akan berurusan seumur hidup kita dengan kasih karunia ini. Sebab kasih karunia Tuhan memberikan kepada kita pengampunan, kemurahan, kemampuan untuk melakukan firman Tuhan. Tetapi jika kasih karunia itu overdosis maka sesuatu yang baik itu menjadi sesuatu yang tidak baik, itu akan menjadi racun buat kita. Hari-hari ini kita harus mengokohkan doktrin pengajaran kita sesuai dengan Alkitab secara utuh.

5.Semakin Terlihatnya 2 Tipe Orang Kristen

Angka 6 adalah angka manusia. Manusia diciptakan pada hari yang keenam. Masuk tahun ini kita  akan melihat  lebih lagi 2 tipe orang kristen. Wahyu 22:11  “Barangsiapa yang berbuat jahat, biarlah ia terus berbuat jahat; barangsiapa yang cemar, biarlah ia terus cemar; dan barangsiapa yang benar, biarlah ia terus berbuat kebenaran; barangsiapa yang kudus, biarlah ia terus menguduskan dirinya!"  Dua tipe orang kristen itu adalah :  yang jahat akan semakin jahat dan yang benar akan semakin benar. Saya berdoa saudara akan menjadi orang benar yang semakin melakukan hal yang benar dan kudus.  Saya berdoa juga agar semua kita diselamatkan dan masuk surga.

Pastor Message Oktober 2015
DR. Pdt. Ir. Niko Njotorahardjo

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah menulis komentar yang positif.