Wednesday, 4 November 2015

6 Nilai-Nilai Kekristenan yang Wajib Kita Miliki

Ditulis oleh: Pnt. Drs. Kornelius Setiawan


Iman  di dalam Tuhan Yesus Kristus seharusnya merupakan iman yang hidup, yang diwujudkan dalam sikap dan tindakan yang  nyata sehari-hari. Iman tanpa perbuatan adalah mati. Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati (Yakobus 2:17). Sikap dan tindakan tersebut, disebut dengan nilai-nilai (value) yang merupakan standar yang ditetapkan oleh Allah sendiri dalam firman-Nya, dan bukan standar manusia. Beberapa nilai-nilai kristiani yang harus ditanamkan kepada generasi berikutnya adalah :

1. Kebenaran (TRUTH)


Di mana kita harus memegang kebenaran dan mengajarkannya? Banyak hal yang dianggap kebenaran, tetapi kebenaran disini adalah kebenaran berdasar kepada Alkitab (Firman Tuhan). Dalam kebenaran ini juga terletak integritas dan kejujuran, dimana ada keselarasan antara apa yang dikatakan dan dilakukan. Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat (Matius 5:37).

2. Kesalehan (RIGHTEOUSNESS)


Di sini setiap orang percaya harus hidup berfokus (berpusat) pada Allah Bapa di dalam Tuhan Yesus Kristus. Kesalehan berbicara tentang hubungan atau relasi antara kita dengan Allah dan keserhanaan hidup. Ayub telah hidup dalam kesalehan, bergaul karib dengan Allah, sejak ia berusia remaja (Ayub 29:4).

3. Kekudusan (HOLINESS)  

                                  
Merupakan syarat seseorang dapat melihat Allah, dan masuk menghadap hadirat-Nya (Matius 5:8). Orang Kristen telah dipisahkan dari dunia yang gelap ini untuk tujuan khusus, yaitu sebagai garam dan terang. Kekudusan mencakup baik pikiran, perkataan, maupun perbuatan.
                         
4. Kesetiaan (FAITHFULNESS)


Sifat setia sangat diharapkan dimiliki oleh setiap orang percaya. Kesetiaan orang kristen harus didasarkan kesetiaan Allah sendiri dengan senantiasa menyertai kita. Hanya orang yang setia sampai mati yang akan memperoleh mahkota kehidupan (Wahyu 2:10b). Kesetiaan kepada Tuhan juga harus ditunjukkan dengan kesetiaan atau loyalitas dalam gereja lokal, kepada pasangan, dan hal-hal lain yang dikehendaki Tuhan.


5. Keutamaan (EXCELLENCY)


Semangat untuk memberikan yang terbaik kepada Tuhan dan sesama tentunya diilhami oleh Allah sendiri yang telah memberikan pemberian-pemberian yang terbaik kepada manusia, yaitu Anak-Nya yang tunggal bagi dunia (Yakobus 1:17). Kaidah emas (Golden Rule) yang diajarkan oleh Tuhan Yesus Kristus sendiri harus terus kita pegang.

6. Kasih (LOVE)   

                     
Merupakan ciri kehidupan orang percaya (umat kristiani) yang selalu dinantikan oleh orang-orang di sekitar kita. Kasih agape yang dinyatakan dengan kesediaan untuk memberi orang lain, mengampuni yang bersalah, dan menyalurkan berkat Tuhan bagi mereka yang membutuhkan. Semua orang percaya diperintahkan untuk menyatakan kasih ini, yaitu mengasihi Tuhan dan sesama (Mat 22:37-39).

                                

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah menulis komentar yang positif.