Tuesday, 10 November 2015

Baca, Lakukan, dan Rasakan Manfaatnya

Akhir-akhir ini cuaca di Indonesia sangat ekstrim. Panas berkepanjangan yang menyebabkan terjadinya kekeringan di beberapa tempat, kebakaran hutan di beberapa daerah, kebakaran yang terjadi di lereng-lereng gunung, dan pencemaran udara yang semakin meraja rela tidak dapat terhindarkan.
Masyarakat Indonesia sangat menantikan datangnya musim hujan. Dan penantian tersebut telah tergenapi di awal bulan November ini. Hujan mulai turun di beberapa daerah di Indonesia. Sayangnya, setelah hujan turun, banjir tidak terelakan. Hujan di awal November ini ditemani dengan angin kencang, dan tak jarang terdengar petir menyambar. Ketika cuaca panas, tiba-tiba berubah menjadi mendung dan turunlah hujan dengan intensitas tinggi. Inilah yang disebut dengan musim pancaroba yaitu peralihan dari musim panas ke musim penghujan. Cuaca yang tidak menentu menjadi salah satu penanda musim pancaroba.
Di saat musim pancaroba datang, biasanya daya tahan tubuh kita akan melemah. Mengapa? Karena di saat musim pancaroba tubuh kita berusaha untuk menyesuaiakn diri dengan suhu yang berubah-ubah secara drastis. Dan jika kita tidak melakukan pola hidup yang benar, kita akan mudah terserang beberapa penyakit. Penyakit yang sering dijumpai adalah influenza, batuk, pilek, dan demam. Oleh sebab itu kita wajib menjaga kesehatan supaya tidak mengganggu aktivitas.
Berikut tips-tips menjaga kesehatan di musim pancaroba:

1.      Tidur yang cukup

Tidur merupakan kebutuhan manusia. Dengan tidur kita dapat mengistirahatkan otak dan membantu memulihkan stamina.

2.      Konsumsi air putih

Mengkonsumsi air putih minimal 2 liter perhari sangatlah penting. Dengan mengkonsumsi air putih dapat menghindarkan kita dari dehidrasi, rasa letih dan lesu.

3.      Konsumsi makanan bergizi

Pada saat musim pancaroba kita wajib mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan mineral. Dengan mengkonsumsi makanan bergizi dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

4.      Konsumsi vitamin
Salah satu vitamin yang baiknya dikonsumsi adalah vitamin C. Vitamin C dapat menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sumber vitamin C bisa kita dapatkan dengan mengkonsumi lemon, jeruk, maupun buah kiwi.

5.      Olahraga

Olahraga merupakan hal penting karena dapat meningkatkan aliran darah ke setiap organ tubuh. Tidak perlu olahraga yang berat. Kita bisa olahraga dengan bersepeda, jalan kaki pagi, dan jogging. Tidak butuh waktu lama untuk melakukannya. Cukup lakukan minimal 30 menit atau minimal 2 kali seminggu.

Lakukan tips-tips tersebut dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan Anda. (Hana Noveria)


Referensi : kompasiana, duniainformasikesehatan, mafaatbuahdaun

1 comment:

  1. ke lima cara diatas memang rutinitas yang seharusnya dilakukan biar badan tetap fresh dan bisa menghadapi hari hari dengan semangat juga...
    tempat solder

    ReplyDelete

Terima kasih telah menulis komentar yang positif.