Thursday, 19 November 2015

FireChat Solusi Hemat Pulsa


Secanggih apapun handphone yang Anda miliki masih bergantung pada sinyal dan pulsa untuk mengirim SMS atau chatting, kita semua pasti pernah mengalami habis pulsa atau tidak mendapatkan sinyal yang menyebabkan kita seakan ‘terputus’ dari dunia luar. Untungnya ada aplikasi yang memungkinkan Anda chatting bahkan mengirim foto tanpa pulsa dan sinyal GSM, yaitu FireChat Apps yang dibuat untuk platform iOS. Aplikasi ini bisa menjadi solusi untuk komunikasi tanpa pulsa dan sinyal.
Tidak seperti SMS, FireChat menggunakan sinyal WiFi dan Bluetooth untuk mengirim pesan/foto. Cara kerja aplikasi ini yaitu begitu anda menjalankan aplikasi, handphone/tablet anda akan memancarkan sinya WiFi atau Bluetooth, jika di dalam jangkauan Wifi ada orang lain yang menggunakan FireChat, maka otomatis akan terhubung, handphone yang menjalankan aplikasi ini juga bisa menjadi penghubung handphone lain untuk melakukan chatting menggunakan sinyal anda untuk chat tanpa pulsa. Contoh tampilan FireChat dibawah ini.

Aplikasi ini menggunakan teknologi Multipeer Connectivity Framework (MCF) milik Apple (iPhone/iPad), menyerupai teknologi torrent, aplikasi ini berkomunikasi menggunakan sinyal Wifi terdekat, untuk saat ini chatting tanpa sinya hanya dapat digunakan melalui iPhone, untuk Anroid sepertinya anda masih perlu menggunakan internet. Namun sayangnya aplikasi ini belum mendukung layanan chatting pribadi layaknya WhatsApp, karena semua percakapan dapat dilihat umum, layaknya sebuah forum, mirip layanan group pada WhatsApp. Berdasarkan pengujian TheVron di Indonesia sudah ada beberapa pengguna FireChat, namun banyak juga yang mengeluhkan keterbatasan aplikasi ini. (Ragil Sadewo)


No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah menulis komentar yang positif.