Tuesday, 1 December 2015

Kebiasaan yang Membawa Kesuksesan

Ditulis oleh: Pdm. Maria Ong, S.Th


Menurut para ahli sebenarnya perbedaan antara orang sukses dengan orang gagal adalah pada perbedaan kebiasaan-kebiasaan mereka. Kebiasaan yang baik adalah kunci dari semua kesuksesan dan kebiasaan yang buruk pintu gerbang dari kegagalan. Dari beberapa anak muda yang tinggal hidup bersama saya, saya dapat melihat bahwa anak muda yang punya kebiasaan baik dalam hidupnya lulus lebih cepat atau tepat waktu dibandingkan yang memiliki kebiasaan kurang baik. Mereka yang lulus tepat waktu punya kebiasaa belajar sekalipun tidak ujian, baca buku, tidak menunda-nunda tugas bahkan skipsinya.
Apa definisi KEBIASAAN : Kebiasaan adalah suatu tindakan atau pola tingkah laku yang dilakukan secara otomatis, berulang dan sering kali tidak disadari.
Jadi dapat disimpulkan bahwa kebiasaan terbentuk karena tindakan yang dilakukan berulang-ulang atau terus menerus.  Lukas  4:16 mengatakan “Ia (Tuhan Yesus) datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.  Ulangan  6:7 “Haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.”
                                                      
Merubah Kebiasaan Buruk:

1. Fokus pada bagaimana melatih kebiasaan baik dari pada kesal pada kebiasaan buruk.  Contoh : Bagaimana mengusir kegelapan dalam kamar kita ? tidak perlu marah-marah atau complain cukup pencet saklarnya dan kegelapan akan hilang. Begitu juga dengan kebiasaan buruk kita. Dari pada kita marah-marah karena kebiasaan buruk kita, lebih baik kita fokus pada kebiasaan baik yang akan kita lakukan.
2.Tentukan rutinitas harian yang ingin kita ubah.
    Misalnya : pola makan, tidak menunda pekerjaan, berdoa sebelum tidur dll
3.Sabar dan siapkan waktu yang cukup untuk melakukan perubahan.
Sebuah perubahan tidak bisa terjadi secara instan butuh namanya waktu. Dr.Maxwell Maltz menyatakan dibutuhkan sedikitnya 21 hari atau 3 minggu untuk terbentuknya suatu kebiasaan baru.
4. Berusaha mempertahankan kebiasaan baru ini hingga berdampak positif serta bertahan dalam waktu yang cukup lama.
Setelah kita melakukan kebiasaan yang baik dalam hidup kita, pertahankan itu terus menerus sampai membentuk karakter kita.
    
Kunci orang sukses adalah dengan meniru kebiasaan orang sukses, dan sebaliknya kunci orang gagal adalah dengan meniru kebiasaan orang gagal. Oleh sebab itu firman Tuhan dalam 1 Korintus 15:33 mengatakan “Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.” Meniru kebiasaan orang sukses di Alkitab maka kita akan ingat kepada Yusuf. Seorang budak bahkan narapidana tetapi akhirnya menjadi orang kedua di Mesir.

MENIRU KEBIASAAN YUSUF :
                            
1. Dapat dipercaya (Kejadian 39:6a)
Dapat dipercaya artinya jujur, dan tetap melakukan pekerjaan sebaik-baiknya walaupun tidak ada penghargaan atau orang yang mengawasi.
                                                                   
2. Sikap yang baik, sopan dan beretika (Kejadian 39 : 6b)
Bagaimana cara kita berbicara, bertindak dan memperlakukan orang lain. Sikap yang baik dan beretika akan membawa kita kepada kesuksesan.
                                           
3. Takut akan Tuhan (Kejadian 39 : 9b)              
Takut akan Tuhan artinya apapun yang kita kerjakan kita kerjakan untuk Tuhan dan kita menyadari bahwa Tuhan senantiasa ada bersama kita. Sehingga kita tidak main-main dan hidup sembarangan.
                 
4. Bertanggung jawab (Kejadian 39:22)
Mulailah bertagungg jawab dan mengerjakan dengan sebaik-baiknya apa yang dipercayakan untuk kita kerjakan hari ini, sekalipun hanya pekerjaan kecil.
                                                                                              
5. Berpikir positif atas segala hal (Kejadian  45:5)

Orang yang mampu berpikir positif dalam segala hal akana melihat peluang sekalipun ada hambatan.

1 comment:

Terima kasih telah menulis komentar yang positif.