Tuesday, 22 December 2015

Proses Keselamatan


Memasuki bulan Desember kita merayakan natal Natal berbicara tentang kelahiran Tuhan Yesus kedalam dunia ini. Kelahiran Tuhan Yesus kedalam dunia ini berbicara tentang kasih Tuhan yang besar bagi dunia. Yohanes 3:16 “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” Kedatangan Tuhan Yesus kedalam dunia untuk menyelamatkan manusia. Akhir-akhir ini keselamatan menjadi perdebatan diantara umat Allah. Dahulu mungkin hanya para teologia yang saja, tetapi sekarang diantara jemaat Tuhan. Kita harus mengerti bahwa waktunya sudah amat singkat. Iblis sedang bekerja keras untuk membuat lebih banyak orang percaya yang tidak masuk surga. Saya banyak melihat pengajaran-pengajaran yang menyimpang tentang keselamatan ini yang justru akan membahayakan keselamatan orang-orang percaya. Sebagai contoh ajarak keselamatan dari ‘Hyper Grace’ atau ‘Kasih Karunia Overdosis’. Hari-hari ini saya banyak berbicara tentang keselamatan. Karena inilah yang diminta Tuhan kepada saya, supaya saudara masuk surga. Seperti tugas yang diberikan Tuhan kepada nabi Yehezkiel untuk menjaga Israel, Tuhan memberi saya tugas yang sama. Jika nabi Yehezkiel tidak menegur orang yang berbuat jahat, dan ia mati oleh kejahatannya itu. Maka Tuhan akan menuntut pertanggungjawaban atas nyawanya kepada nabi Yehezkiel. Dan konsekuinsi itu juga yang akan saya terima jika saya tidak melakukan hal itu.

Mengenai pengajaran keselamatan menurut Roma 8:28-30 proses keselamatan dibagi menjadi 3 bagian yaitu:

1. Proses Pembenaran (Justification)
Pada proses ini kita sudah dibenarkan dari hukuman dosa. Pada saat kita percaya kepada Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan juru selamat kita, kita dilahirkan baru. Disini usaha kita tidak ada artinya sama sekali yang dibutuhkan hanya iman. Efesus 2:8-9 “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.” Bagian Tuhan adalah kasih karunia dan bagian kita adalah meresponi dengan iman. Kelahiran baru adalah awal perlajalanan rohani kita didalam Kristus. Oleh sebab itu proses keselamatan tidak berhenti disini atau belum selesai, karena setelah itu kita akan memasuki proses kedua.

2. Proses Pengudusan/Pendewasaan (Sanctification)
Didalam proses ini kita sedang diselamatkan dari kuasa dosa. Sejak kita dilahirkan kembali, kita dipanggil untuk hidup dan bertumbuh dalam kekudusan. Disini oleh kasih karunia kita mengalami pengudusan atau pendewasaan secara terus menerus yang dikerjakan oleh Roh Kudus dan firman. Dalam proses ini usaha kita sangat penting. Alkitab katakan bahwa kita harus berusaha sungguh-sungguh. Kita harus berjuang untuk mempertahankan iman. Rasul Paulus mengatakan bahwa ia melatih tubuhnya dan menguasai seluruhnya. Tetapi yang perlu digaris bawahi adalah usaha kita bukan dengan kekuatan kita, tetapi Tuhanlah yang memperlengkapi kita dengan kemauan untuk kita bisa bergerak, berjaga, berdoa, bertahan, bekerjahidup menderita karena Kristus (Filipi 2:12-13). Yang penting kita harus taat dan setia. Dalam proses ini kita akan banyak mengalami peperangan rohani, dan kita harus keluar sebagai pemenang. Kita akan terus diproses untuk menjadi serupa dengan gambar-Nya. Jika dalam proses ini kita jatuh dalam dosa, akui saja dosa itu dan minta ampun, maka Allah akan mengampuni dosa saudara. Jadi bukannya kalau kita berdosa langsung masuk neraka, tetapi apabila kita terus menerus hidup dalam dosa maka kita akan kehilangan keselamatan.
                      
3. Proses Pemuliaan (Glorification)                                      
Dalam proses ini kita akan diselamatkan dari kehadiran dosa. Bagi kita yang lulus dalam proses sanctification kita akan menerima proses pemuliaan. Tunbuh ini akan diubah menjadi tubuh kemuliaan dan ikut dalam pengangkatan. Tinggal didalam Kristus bukan berarti menjadi orang hanya dengan label kristen, tetapi mereka yang hidup sama seperti Kristus telah hidup yang menghasilkan karakter Kristus, taat akan firman[Nya, hidup kudus, tinggal dalam hadirat-Nya.


Jadi Alkitab mengajarkan bahwa keselamatan adalan proses konversi, yaitu perubahan yang terus-menerus sampai pada proses pemuliaan (glorification). Saya berdoa agar semua saudara diselamatkan dan masuk surga. Dan selama masih ada didalam dunia ini saudara diberkati berlimpah-limpah.

~Pastor's Message Desember 2015~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah menulis komentar yang positif.