Sunday, 24 January 2016

Pedang Keputusan

Ditulis oleh: Pdt. Joseph Panggabean, S.Th


Kekristenan adalah sebuah pertumbuhan iman yang harus kita kerjakan setiap  hari. Artinya kita berjalan bersama Tuhan setiap hari. Kekeristenan bukanlah Agama. Agama adalah usaha manusia untuk mencapai Tuhan, tetapi kekristenan bukan usaha manusia. Kekristenan adalah tentang Anugerah Allah yang besar kepada manusia berdosa . Allah yang datang mencari manusia berdosa untuk menerima anugreah keselamatan dari-Nya. Setelah terjadi pertumbuhan rohani  maka harus ada keputusan pribadi untuk memilih Tuhan.
Matius 10:34-39 mengatakan, "Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang. Sebab Aku datang untuk memisahkan orang dari ayahnya, anak perempuan dari ibunya, menantu perempuan dari ibu mertuanya, dan musuh orang ialah orang-orang seisi rumahnya. Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku. Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku. Barangsiapa mempertahankan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.”
Jangan terkecoh kepada pengajaran yang tidak seimbang!  Matius 7:14, “Karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya." Ini adalah peringatan Tuhan untuk kita menuju jalan yang sempit.
Firman Tuhan katakan bahwa Tuhan Yesus DATANG DENGAN PEDANG BUKAN DAMAI . Allah ingin setiap orang percaya memberikan hidup dan hati ini hanya kepada Dia, tidak boleh menyisakan apapun!  Allah kita adalah Allah yang Maha Baik, Maha Kasih tetapi juga sangat DIA CEMBURUAN. Contoh Abraham diminta untuk menyembelih anaknya Isak yang untuk mendapatkannya ia harus menunggu 24 Tahun. Tuhan tidak mau Abraham hatinya lebih terpaut kepada Isak anaknya dari pada kepada Tuhan. Tuhan mau kita menyembah dengan sepenuh hati dan hidup  Jadi manakah yang harus kita percayai? Allah sebagai penyembuh dan pembuat mukjizat atau Allah yang Cemburu? Dua-duanya membawa sebagai Pertumbuhan (Keluaran 34:14, Ulangan 6:15, Yakobus 4:5).

Bukti Kekristenan yang sulit :
-      Roma 8:35-37     : Diancam maut setiap saat,
-      Lukas 14:33         : Meninggalkan kepemilikan
-      Lukas 16:11          : Tidak cinta Uang
-      Lukas 13:22-24    : Berjuang lewat pintu yang sempit      
-      1 Petrus 4:17-19   : Orang percaya hampir-hampir tidak terselamatkan

EMPAT KEPUTUSAN MEMILIH TUHAN
                     
1. Matius 22: 37       : Mencintai Tuhan dengan segenap hidup 
Orang yang memilih Tuhan adalah orang yang mengasihi / mencintai Tuhan dengan segenap hati, kekuatan dan pikiran. Orang yang memilih Tuhan adalah orang yang mencintai Tuhan lebih dari segalanya.                           

2. Yohanes 4:34       : Melayani Tuhan tanpa batas
Orang yang memilih Tuhan adalah orang yang mau melayani Tuhan dengan segenap hati dan tanpa batas.

3. 2 Timotius 4:6-8  : Rela menderita
Orang yang memilih Tuhan adalah orang yang bukan hanya mau yan enak atau baik saja tetapi juga rela menderita demi nama Tuhan.
                                            
4. Yakobus 2:17-20  : Iman yg bertindak, berbuat

Orang yang memilih Tuhan adalah orang yang memiliki iman yang bertindak atau iman yang dinyatakan melalui perbuatan. 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah menulis komentar yang positif.