Wednesday, 3 February 2016

Panduan FResH Rabu, 03 Februari 2016

Panduan Bahan FResH
Rabu, 03 Februari 2016 
GBI Miracle Service Yogyakarta



1. Mulai dengan PPW
Lagu Theme song FResH

2. Ice breaker

3. Tujuan dan sasaran
Tujuan : Mengajarkan kepada kita agar mengerti bahwa kita Harus hidup sungguh-sungguh seiap hari dengan Tuhan
Sasaran : Mendorong Anggota FResH untuk hidup sungguh-sungguh dengan mengenal Tuhan, mengalami kuasa dan penderitaan, menjadi serupa dengan Tuhan.

4. Menyampaikan bahan
Akhiri penyampaian bahan dengan saling mendoakan satu dengan yang lain

5. Tugas mingguan gembala
1. Bawa dalam doa nama-nama anggota FResH Anda agar mengalami pertumbuhan rohani dan memiliki karakter yang senantiasa diasah menjadi seperti Kristus.
2. Doakan jugaa nggota FResH anda yang dalam pergumulan, dll.
3. Pastikan pertumbuhan rohani mereka dan mereka benar-benar melakukan Firman Tuhan dalam hidup mereka melalui kehidupan FResH dan mentoring yang kuat.
4. Adakan kunjungan untuk anggota anda yang tidak dating FResH minggu kemarin karena sakit, dengan alas an atau tanpa alasan.
5. Memotivasi dan mendorong dan menjadi teladan kepada anggota FResH untuk mencari jiwa buat Tuhan.
-----------------------------------------------------------------------------------
PEMIMPIN
(seri Tujuan FResH)
Nats : Ester 1-10

Bahan Sharing :

Apakah pemimpin menurut Anda?
Sebutkan pemimpin-pemimpin yang Anda ketahuidi Alkitab?
Apakah pemimpin hanya terbatas pada orang yang memiliki kedudukan?kekuasaan?
Bisakah minoritas menjadi pemimpin?

Berbicara tentang pemimpin, pasti pemikiran pertama kita adalah orang yang hebat/berhasil, orang yang memiliki kedudukan penting, orang yang memiliki kuasa (adidaya), orang yang memiliki harta yang melimpah, dsb. Pernahkah kita berpikir bahwa kita sendiri adalah pemimpin? Ada beberapa definisi kepemimpinan: menurut William G. Scott kepemimpinan adalah proses mempengaruhi aktivitas yang diorganisir. Sedangkan G. L. Feman dan E. K. Taylor mendefinisikan kepemimpinan sebagai suatu kemampuan untuk menciptakan aktifitas suatu kelompok. Apa pun definisinya itu, kepemimpinan memiliki tujuan untuk kepentingan bersama/ organisasi. Pertanyaannya sekarang, apakah masih ada di dunia ini yang memiliki karakter kepemimpinan seperti definisi di atas? Jika masih ada pemimpin yang belum sesuai karakter tersebut, pertanyaan kedua, bagaimanakah dengan kematangan dari gaya kepemimpinan mereka?

Berikut contoh gaya kepemimpinan di Alkitab:

1. Gaya kepemimpinan HAMAN

Siapakah dia? Haman adalah seorang yang diberikan kedudukan besar oleh raja Ahasyweros (3:1). Semua pegawai raja sujud menyembah dia. Namun ketika ia tahu bahwa Mordekhai (orang angkat Ester) tidak sujud kepadanya, ia menjadi panas hati. Dan ingin melenyapkan Mordekhai dengan cara memusnahkan orang Yahudi (3:8). Haman juga menyuruh pegawai istana membuat tempat hukuman mati untuk Mordekai (5:14). 

2. Gaya kepemimpinan ESTER 

Melihat hal itu, ratu Ester segera mengambil tindakan, yaitu mengajak semua orang Yahudi untuk berpuasa (4:16). Setelah selesai puasa ratu Ester menceritakan kejadian yang sebenarnya kepada raja tentang rencana jahat Haman (7:4).Bertanya kepada anggota fresh: dari kedua pemimpin tersebut, perbedaan apakah yang dapat kita lihat?   Bahwa ada perbedaan kematangan dari kepemimpinan Ester dengan Haman. Bahwa Haman masih mementingkan dirinya sendiri (bukti ia mengorbankan bangsa Yahudi karena kesal dengan Mordekhai), kedua Haman kaget posisi (bukti ia panas hati ketika Mordekhai tidak sujud menyembah dia). Berbeda dengan Ester, sekalipun Ester bisa terhindar dari masalah itu tetapi ia tetap memilih membela bangsa Yahudi, ia tidak lupa jati dirinya. Ia tidak takut resiko yang ia hadapi, ia tidak takut kehilangan posisinya saat membela bangsa Yahudi. Jadi, pelajaran yang dapat kita ambil, gaya kepemimpinan apa yang mau kita tiru?Apa yang bisa diambil dan diterapkan  di FResH?


No comments:

Post a comment

Terima kasih telah menulis komentar yang positif.