Friday, 12 February 2016

Tips Agar Terhindar dari Bahaya WiFi Gratis

1.      Curigai WiFi yang Tidak diproteksi Password
Biasanya meski gratis, WiFi yang sah dan aman tetap diproteksi menggunakan password. Jika kalian menemukan WiFi gratis yang tidak dilindungi password sebaiknya pertimbangkan dahulu ketika akan menggunakannya. Bisa jadi WiFi ini adalah sebuah jebakan yang dibuat oleh para scammers untuk mencuri data pribadi kalian. Jangan terlalu bernapsu untuk segera menggunakan WiFi gratis tersebut, karena jika kalian sembrono maka gadget kalian bisa terancam bahaya. Bahkan ada juga WiFi gratis yang secara otomatis bahkan tiba-tiba terhubung secara langsung pada gadget kalian. Jika kalian menemukan hal seperti ini sebaiknya segera menon-aktifkan WiFi pada gadget kalian.
2.      Waspada Terhadap WiFi Palsu
Jangan pernah menganggap bahwa semua WiFi gratis yang tersedia di luar itu aman dan resmi. Bisa jadi WiFi tersebut adalah link palsu yang dibuat oleh para kriminal dunia cyber. Memang sangat sulit dibedakan antara WiFi asli dengan WiFi palsu buatan para hacker, bahkan hampir tidak bisa dibedakan. Tetap waspada dan jangan sembarangan menghubungkan gadget dengan WiFi yang tidak dikenal karena hal tersebut sangat berbahaya. Jika memang kalian ingin tetap menghubungkan gadget kalian dengan WiFi gratis tersebut, sebaiknya pastikan terlebih dahulu apakah dalam gadget yang kalian gunakan ada data pribadi yang sangat penting atau tidak.
3.      Pastikan Bahwa WiFi Tersebut Legal dan Sah
Beberapa WiFi palsu buatan para kriminal cyber tidak jarang yang menggunakan nama-nama tertentu yang terlihat familiar. Seperti kedai kopi, hotel, atau tempat publik lainnya. Ketika kalian ingin menggunakan WiFi gratis tersebut, pastikan bahwa WiFi yang kalian pilih benar-benar sah dan tidak palsu. Misalkan ketika kalian berada di sebuah kedai kopi. Kalian bisa menanyakan langsung nama WiFi yang benar dan sah pada pelayan kedai kopi tersebut. Hal tersebut akan membuat kalian lebih aman ketika akan terhubung dengan WiFi.
4.      Gunakan Virtual Private Network (VPN)
Dengan menggunakan VPN saat terhubung dengan WiFi gratis, secara otomatis kalian akan menggunakan jaringan yang lebih pribadi dan lebih aman. Seolah-olah kalian memiliki "terowongan" pribadi yang menghubungkan gadget kalian dengan jaringan internet. Dengan menggunakan Virtual Private Network, secara otomatis data yang kalian gunakan pada jaringan akan dienkripsi sedemikian rupa sehingga menyulitkan penjahat cyber untuk melakukan tindakan kriminal. Baik hacker maupun snooper akan kesulitan dalam menembus enkripsi ini sehingga data kalian menjadi lebih aman.


Sumber: jalantikus.com

2 comments:

  1. bagaimana kita bisa tahu bahwa WiFi yang kita pakai Legal atau Sah, tapi terimakasih sudah kasih tau min kalau wifi gratis itu juga berbahaya..
    solder temperatur

    ReplyDelete
  2. jangan tergiur dengan wifi wifi yang terbuka alias gratis hehe..
    http://cody.id/produk/blower/

    ReplyDelete

Terima kasih telah menulis komentar yang positif.