Monday, 18 April 2016

Renungan Minggu Ini


Senin, 18 April 2016
Kebenaran vs Kefasikan
Bacaan Alkitab : Mazmur 1-3
Intisari :
Dua pilihan ada di hadapan kita, yaitu jalan orang benar yang didasarkan kepada firman Tuhan dan yang berujung kepada berkat Tuhan, serta jalan orang fasik yang berujung kepada kebinasaan. Akan tetapi, jika kita melihat kehidupan kita dengan jujur, benarkah kita bersedia menjalani kehidupan kita berdasarkan firman Tuhan? Atau sebaliknya, kita ingin menjalani kehidupan sebagai orang benar, tetapi kita justru memakai nilai-nilai yang dianut oleh orang fasik.

Selasa, 19 April 2016
Mengawali dan Menutup hari Bersama Allah
Bacaan Alkitab : Mazmur 4-5
Intisari :
Daud bukan hanya menutup hari bersama Allah, tetapi Daud juga membuka hari bersama Allah. Mengapa Daud berseru minta tolong kepada Allah ketika ia akan memulai harinya? Di dalam doanya, Daud mengingat bahwa Allah membenci dosa. Kenyataan tersebut menjadi peringatan bagi dirinya bahwa orang berdosa akan binasa, tetapi orang yang berlindung dan bersandar kepada Tuhan dalam menjalani hari yang Tuhan percayakan akan bersukacita.

Rabu, 20 April 2016
Pergumulan dan Keadilan Allah
Bacaan Alkitab: Mazmur 6-7
Intisari :
Tuhan adalah Allah yang adil yang akan menghukum orang yang melakukan dosa. Orang yang benar seharusnya tidak perlu takut kepada Allah karena Allah justru menjadi pelindung baginya. Ketika kita berhadapan dengan Allah, adakah rasa takut di dalam hati kita? Kalau ada rasa takut, mungkin ada dosa yang sedang kita sembunyikan dari-Nya. Mari kita mengambil waktu sejenak untuk mengoreksi kehidupan kita di hadapan Allah!

Kamis, 21 April 2016
Penguasa yang Sesungguhnya
Bacaan Alkitab : Keluaran 1-2
Intisari :
Firaun menyusun rencana keji untuk menghambat pertambahan jumlah bangsa Israel. Firaun tidak sadar bahwa kekuasaannya terbatas! Firaun juga pasti tidak pernah menyangka bahwa putrinya sendiri yang menggagalkan rencananya dengan  megangkat Musa menjadi anaknya (2:1-10). Kekuasaan Firaun terbatas. Kekuasaan kita pun terbatas! Walaupun kita kaya, pandai, dan berkedudukan tinggi, tetapi kita bukanlah penguasa. Allah adalah Penguasa yang sesungguhnya!

Jumat, 22 April 2016
Allah Memiliki Rencana
Bacaan Alkitab : Keluaran 3
Intisari :
Tidak ada seorang pun yang tahu bahwa Allah mempersiapkan Musa sebagai jawaban terhadap penderitaan bangsa Israel. Bukan suatu kebetulan bila Putri Firaun menemukan serta membesarkan dan mendidik Musa. Allah tidak menampakkan diri kepada Musa di istana, tetapi di gunung, saat Musa tidak memiliki rasa percaya diri. Allah memilih orang yang bersedia mempercayai Dia! Allah perduli dan punya rencana dalam hidup kita.

Sabtu, 23 April 2016
Hanya Taat
Bacaan Alkitab : Keluaran 4
Intisari :                    
Allah ingin kita menjadi garam dan terang dunia serta menjalankan misi untuk menjadikan semua bangsa murid Kristus. Untuk itu diperlukan kesediaan untuk taat terhadap seluruh kehendak Allah. Keyakinan akan kemampuan diri hanya membuat kita menjadi sombong dan mengabaikan Allah, sedangkan kesediaan untuk taat mencakup kesediaan untuk merendahkan diri di hadapan Allah dan sikap bergantung kepada pertolongan atau kemampuan Allah! 

No comments:

Post a comment

Terima kasih telah menulis komentar yang positif.