Monday, 25 April 2016

Ternyata Ini Penyebab Demam Berdarah dan Cara Mengobatinya


Oleh: Hana Noveria

Akhir-akhir ini kita sering menjumpai orang dengan kondisi tubuh dimana suhu tubuh orang tersebut naik turun lebih dari satu hari. Kondisi tersebut merupakan tanda dari sebuah penyakit yang sedang hangat diperbincangkan saat ini dan sedang menjadi epidemi di banyak wilayah. Dampaknya adalah banyak nyawa yang melayang baik anak-anak maupun orang dewasa. Penyakit tersebut adalah demam berdarah.
Bila kita mendengar seseorang menderita demam berdarah tidak asing ditelinga kita bahwa banyak orang memberi saran untuk mengkonsumsi jambu biji. Mulai dari jus jambu hingga ekstrak daun jambu biji.

Apa itu demam berdarah?
Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti.

Apa saja gejala penyakit demam berdarah?
Ada beberapa gejala penyakit demam berdarah, diantaranya demam tinggi mendadak selama 2-7 hari dengan suhu tubuh dapat mencapai 40 derajat, terdapat bintik merah, dan dilihat dari hasil tes darah biasanya menunjukkan trombosit yang terus menurun.

Bagaimana cara pengobatan demam berdarah?
Tidak ada obat-obatan yang terlalu spesifik dalam pengobatan demam berdarah. Biasanya dokter akan memberikan obat dengan zat berkhasiat paracetamol dikombinasi dengan antibiotik. Diimbangi pula dengan banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.
Sedangkan untuk meningkatkan jumlah trombosit biasanya akan diberi ekstrak daun jambu biji berupa kapsul maupun jus jambu.

Apa hubungan jambu biji dengan demam berdarah?
Menurut penelitian beberapa perguruan tinggi di Indonesia, jambu biji mampu menghambat virus dengue dan dapat menaikkan jumlah trombosit penderita. Jambu biji mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai penguat daya tahan tubuh terhadap infeksi seperti virus dengue serta asam amino yang berperan dalam pembentukan trombopoitin hingga terbentuk trombosit.
Bagian dari jambu biji yang dapat dimanfaatkan adalah buah dan daunnya. Cara pengolahan dari buahnya dengan cara dibuat jus, yaitu dengan mengambil tiga jambu biji yang matang dan mengkal, kemudian blender dan saring untuk memisahkan biji yang terdapat dalam buah. Jus tersebut dapat dikonsumsi tiga kali sehari sampai penderita sembuh. Sedangkan untuk pengolahan dari daun jambu biji dapat dibuat ekstrak daun jambu biji. Kita dapat menjumpai produk-produk ekstrak daun jambu biji di apotek maupun toko obat terdekat.
Karena manfaat jambu biji terhadap demam berdarah itulah yang membuat banyak orang menyarankan penderita untuk mengkonsumsinya.

Itulah manfaat jambu biji untuk demam berdarah. Semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah pengetahuan teman-teman. Tuhan Yesus membekati J

Referensi : doktersehat, ragamobat, mediskus

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah menulis komentar yang positif.