Thursday, 9 June 2016

Perlukah Anak-Anak Muda Berpuasa?

Source: https:// youtube.com
Shalom sahabat IG'ers...
Tahukah kamu manfaat berpuasa? Apakah kamu sudah termasuk golongan orang yang taat berpuasa? Atau kamu adalah salah satu orang yang ikut berpendapat kalau puasa hanya untuk orang-orang tertentu saja.
Sebagian besar orang sangat taat untuk berpuasa. Lalu, bagaimana dengan kamu? Apakah sampai saat ini kamu sudah pernah berpuasa atau belum?
IG'ers..... Kita jangan mau kalah untuk menyenangkan hati Tuhan, berbuat kebaikan, berkomitmen, dan berlomba-lomba untuk berbuat hal positif.
Hal positif?
Nah.... Sebenarnya kamu salah kalau kamu berpendapat puasa hanya bagi umat atau orang-orang tertentu saja seperti hamba Tuhan atau pelayan gereja.
Kamu harus tau dalam Alkitab ada tertulis bagaimana Tuhan Yesus mampu berpuasa selama 40 hari (Baca: Lukas 4:2). Sudah dibaca kan? So, kamu tidak perlu ragu lagi. Ayo berpuasa!
Beberapa manfaat berpuasa yang perlu kamu ketahui yaitu:
1.     Ketika kita berpuasa maka kita sudah belajar cara hidup sederhana seperti orang-orang di jalanan yang sulit mendapatkan makanan.
2.     Puasa menguji kesabaran kita, dan juga mengajarkan bagaimana kita mampu menahan diri melawan kenikmatan duniawi.
3.     Berpuasa adalah cara kita untuk lebih dekat dengan Tuhan, meminta dengan segala kerendahan hati.
4.     Tentunya kita dapat berkat karena apa yang kita tabur itu juga yang kita tuai.
Bermanfaat bukan?
Selain itu ada juga loh manfaat sampingan dari berpuasa. Ya.. tujuan utama kita berpuasa memang untuk Tuhan, tapi di sini saya mencoba memaparkan manfaat lain supaya teman-teman tau kalau puasa memberikan banyak sekali manfaat.
1.     Bagi teman-teman yang mungkin mengalami kesulitan dalam biaya bulanan atau yang merasa dirinya boros maka ini bisa salah satu solusi. Eitss.. jangan langsung beranggapan kalau puasa disalahgunakan. Bukan disalahgunakan teman-teman, puasa tetaplah pada tujuannya. Karena ketika kamu mampu untuk menghemat uang bulananmu, kamu bisa gunakan untuk membeli keperluan yang lebih penting, atau bisa kamu simpan, atau bahkan kamu gunakan sebagian dari rezekimu dengan membaginya bagi orang-orang yang membutuhkan.
2.     Bagi kamu yang kelebihan berat badan, puasa adalah cara praktis untuk diet baik cewek atau cowok.
Manfaatnya banyak, kan?
Hmmm.. pasti teman-teman merasa puasa itu sulit dilakukan. -- Gampang kok...! Asal ada niat yang tulus. Gimana, mau nyoba? Kalau mau, yuk berpuasa bareng sahabat Igers yang lain setiap hari Jumat-Sabtu. Kita akan mulai dari Jumat malam Pukul 22.00 WIB. Bagi kalian yang punya penyakit atau belum terbiasa puasa (pemula), kamu bisa berpuasa setengah hari saja, dimulai jam 22.00-12.00 WIB. Perlahan kamu pasti bisa dan selanjutnya kamu bisa mencoba untuk berpuasa penuh satu hari, dan jangan lupa untuk meminta bantuan Roh Kudus untuk turut bekerja.
Satu hal lagi, puasa tidak hanya sekedar nahan lapar loh.... Puasa itu memang benar-benar menjaga pribadi kita dengan TUHAN, kita mulai dan mengakhiri dengan doa dan membuat jadwal doa selama kita sedang berpuasa. Nah, dengan berpuasa kita bebas untuk curhat dan menyerahkan segala hidup kita, keluarga, sahabat,generasi, kota dan semua pergumulan kita di hadapan TUHAN.
Selamat mencoba sahabat IG'ers..
Tuhan Yesus memberkati. JJ
Ditulis oleh : Lasma Panggabean
Editor : Ordeli Zalukhu

No comments:

Post a comment

Terima kasih telah menulis komentar yang positif.