Thursday, 6 October 2016

Panduan FResH Rabu, 28 September 2016

Panduan Bahan FResH
Rabu, 28 September 2016
GBI Miracle Service Yogyakarta


1.  Mulai dengan PPW
SEJAUH TIMUR DARI BARAT
Jonathan Prawira

     E                C#m
SEJAUH TIMUR DARI BARAT
                 A
ENGKAU MEMBUANG DOSAKU
          F#m             B                         E   B    B7
TIADA KAU INGAT LAGI PELANGGARANKU
     E                  C#m
JAUH KE DALAM TUBIR LAUT
              A
KAU MELEMPARKAN DOSAKU
   F#m                             B    B7                E    B
TIADA KAU PERHITUNGKAN KESALAHANKU
REFF:
                    E           G#m           F#m                  A
BETAPA BESAR KASIH PENGAMPUNAN-MU TUHAN
                F#m                   B                        E    B
TAK KAU PANDANG HINA HATI YANG HANCUR
                     E          G#m    F#m                  A
'KU BERTERIMA KASIH KEPADA-MU YA TUHAN
              F#m                          B                     E
PENGAMPUNAN YANG KAU BERI PULIHKANKU

2. Ice Breaker

3. Tujuan dan sasaran
Tujuan     :  Mengajarkan kepada kita agar mengerti bahwa Kasih itu menutupi segala sesuatu.
Sasaran   :   Anggota FResH dapat memahami bahwa kasih itu menutupi segala sesuatu  memiliki makna  bahwa kasih itu memampukan kita tidak hidup di dalam dosa tetapi di dalam kebenaran.  dan Kasih itu memampukan kita menanggung kekurangan dan kelemahan orang lain.

4. Menyampaikan bahan
Akhiri penyampaian bahan dengan saling mendoakan satu dengan yang lain.

5. Tugas mingguan gembala
1.     Bawa dalam doa nama-nama anggotaFResH Anda agar mengalami pertumbuhan rohani dan memiliki karakter yang senantiasa diasah menjadi seperti Kristus.
2.    Doakan juga anggota FResH Anda yang dalam perngumulan, dll.
3.    Doakan jiwa baru yang bergabung di FResH agar mereka mengalami pertumbuhan rohani dan merasakan keluarga rohani melalui FResH.
4.    Pastikan pertumbuhan rohani mereka dan mereka benar-benar melakukan Firman Tuhan dalam hidup mereka melalui kehidupan FResH dan mentoring yang kuat.
5.    Doakan misi FResH di tahun 2016, bahwa masing-masing FResH selama setahun akan mengutus satu FResH baru,

6.    Adakan kunjungan untuk anggota Anda yang tidak datang FResH minggu kemarin karena sakit, dengan alasan atau tanpa alasan.

-###-

KASIH ITU MENUTUPI SEGALA SESUATU
“...Ia menutupi segala sesuatu …”
(1 Korintus 13:7a)


Bahan Sharing:
1.  Menurut saudara apa makna “ menutupi segala sesuatu” dalam ayat diatas ?
2. Ketika saudara melihat ada kekurangan atau kelemahan dari orang disekitar kita  apa yang anda lakukan?

Tuhan menghendaki agar kita memiliki Kasih yang menutupi segala sesuatu artinya bahwa kasih itu memampukan kita untuk tidak melihat kekurangan orang lain tetapi membantu orang tersebut bertumbuh hidup di dalam kebenaran. Kita dimampukan menanggung beban orang lain. Kata “menutupi” adalah kata kerja bahasa Yunani “stego”. Penggunaan khusus kata ini terdapat dalam 1 Korintus 9:12 di mana kita membaca Paulus dan rekan sepelayanannya, meskipun telah melakukan tanggung jawab yang besar, lebih memilih untuk tidak menggunakan hak mereka untuk memperoleh “penghidupan dari pemberitaan Injil” tetapi “menanggung [stego] segala sesuatu, supaya jangan kami [Paulus dan rekan sepelayanannya] mengadakan rintangan bagi pemberitaan Injil Kristus.” Mereka menanggung segala sesuatu demi Injil Kristus, dan mereka melakukannya karena kasih, karena kasih menutupi, atau menanggung segala sesuatu.


Makna Kasih itu menutupi segala sesuatu   :

1.Kasih memampukan kita untuk tidak hidup di dalam dosa tetapi di dalam kebenaran
Di dalam 1 Petrus 4 : 8 dikatakan : “ Tetapi yang terutama : kasihilah sungguh-sunguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa. Dalam hal ini jelas bahwa kasih menutupi banyak sekali dosa . Menutupi banyak sekali dosa bukan bearti bahwa dosa disembunyikan atau tidak diakui, tetapi bahwa dosa ditutupi dengan kebenaran. Dosa ditutupi dengan kebenaran adalah dosa itu tidak disebar luaskan kepada semua orang, tetapi dengan kasih kita menjadikan  dosa tersebut diakui dan dibereskan kepada Tuhan dan sesama. Dengan demikian dosa tidak menguasai tetapi dikalahkan oleh kebenaran, sehingga kita di mampukan untuk tidak hidup di dalam dosa tetapi dalam kebenaran.

2.Kasih memampukan  kita untuk menanggung  kelemahan/kekurangan orang lain.
Di dalam Galatia 6 :2 dikatakan “ Bertolong-tolonglah menanggung bebanmu ! Demikian kamu memenuhi hukum Kristus. Dan juga di dalam Roma 15 :1 di katakan :” Kita, yang kuat, wajib menanggung kelemahan orang yang tidak kuat dan jangan kita mencari kesenangan kita sendiri.”  Jadi jelas bahwa kita harus“ menutupi segala sesuatu” dengan kasih. Kita menutupi kelemahan dan kekurangan orang lain dengan kasih. Artinya dengan kasih itu kita memiliki hati yang mau menolong, membantu, dan menanggung beban orang lain.

Jadi kasih menutupi segala sesuatu bukan berarti kita kompromi dengan dosa. Kasih menutupi segala sesuatu mengandung pengertian bahwa kita tidak menjadi seorang yang menyebarkan atau menceritakan kelemahan dan dosa orang lain, melainkan kita membantu agar dosa itu dapat diakui dan diselesaikan dihadapan Allah atau dalam kebenaran-Nya. Juga mengandung arti kita mau menolong dan menanggung kelemahan orang lain dalam kasih.

No comments:

Post a comment

Terima kasih telah menulis komentar yang positif.