Saturday, 19 August 2017

Panduan FResH Rabu, 16 Agustus 2017

Bahan FResH
Rabu, 16 Agustus 2017 
GBI Miracle Service Yogyakarta

HIDUP SUNGGUH-SUNGGUH SETIAP HARI DENGAN TUHAN
(HIDUP SEBAGAI ORANG MERDEKA)
Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.
(Galatia 5:1)
Ayat Bacaan : Galatia 5
Bahan Sharing :
1. Menurut saudara apa yang dimaksud dengan ‘Merdeka”? Dan apa ciri orang merdeka?
2. Menurut Saudara apakah yang harus dilakukan sebagai orang yang merdeka?
Merdeka menurut KBBI berarti ‘bebas’ (dari perhambaan atau penjajahan), berdiri sendiri, tidak terkena atau lepas dari tuntutan. Merdeka bukan berarti bebas sebebasnya. Di dalam kemerdekaan sekalipun tetap ada batasan-batasan yang tidak boleh dilakukan sekalipun merdeka. Adam dan Hawa diberi kebebasan atau kemerdekaan penuh untuk memakan semua buah dalam taman Eden, tetapi Tuhan juga memberi batasan untuk mereka tidak makan buah Pengetahuan yang baik dan jahat. Galatia 5:13 “Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.”
Makna Hidup sebagai Orang Merdeka adalah :
1.      Hidup dalam kebenaran Firman Tuhan
1Petrus 2:16 “Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah.”
Hidup sebagai orang merdeka bukan berarti hidup tanpa batasan atau hidup bebas berbuat apa saja yang kita mau. Menjadi orang yang telah dimerdekakan oleh Kristus memiliki arti hidup senantiasa dalam kebenaran Firman Tuhan. Merdeka berarti bebas dari dosa dan hidup didalam kebenaran Tuhan senantiasa. Dulu kita memang hamba dosa namun sekarang kita telah dibebaskan oleh Kristus dan dipindahkan menjadi hamba Tuhan. Hamba Tuhan berarti orang yang menghambakan diri bukan lagi pada kehendak pribadi yang cenderung berbuat dosa, tetapi menghambakan diri kepada kehendak Tuhan. Kehendak Tuhan ada didalam Firmannya. Menjadi hamba Tuhan berarti hidup sesuai dengan Firman Tuhan setiap hari.
2.      Melayani Sesama dalam Kasih
Yesaya 61:1 “Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara,”
Kita dimerdekakan untuk memerdekakan orang lain yang masih ada dalam tawanan. Banyak orang yang masih ditawan oleh dosa dan keinginan dagingnya, dibutakan oleh ilah jaman ini yang membuat mereka tidak melihat kebenaran, masih terikan oleh kebiasaan-kebiasaan dosa, dan lain sebagainya. Tuhan memerdekakan kita supaya kita juga membawa orang-orang yang masih ditawan oleh dosa menjadi orang yang dimerdekakan oleh Kristus.

No comments:

Post a comment

Terima kasih telah menulis komentar yang positif.