Tuesday, 26 September 2017

Hidup Orang yang Diselamatkan

Related image



Kotbah dari Pnt. Indra Gunawan, S.Th. – Minggu, 17 September 2017

Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri (Efesus 2:8-9)

4 hal yang dapat kita pelajari:
1.      Keselamatan
2.      Dosa
3.      Anugerah (Grace)
4.      Iman (Faith)
Lukas 18:8 “Aku berkata kepadamu: Ia akan segera membenarkan mereka. Akan tetapi, jika Anak Manusia itu datang, adakah Ia mendapati iman di bumi?”
Jaminan Keselamatan
Pandangan GBI: Keselamatan di dalam Yesus Kristus
Kita memiliki jaminan keselamatan jika:
-          Tidak murtad (Ibrani 6:4-6)
-          Tidak hidup di dalam dosa (Efesus 5:5, Maz 7:21-22)
Kita di desain Tuhan untuk tidak hidup dalam dosa tetapi kita bisa jatuh dalam dosa
-          Tidak terus menerus mendukakan Roh Kudus (Efesus 4:30, 1 Tes 5:19, Mazmur 51:13)

Ciri orang yang hidupnya sudah diselamatkan:

1.      Living by Faith (Hidup oleh karena iman)
2 Korintus 5:7 “Sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat”. Roma 1:17 Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: “Orang benar akan hidup oleh iman.” Orang benar akan hidup karena iman. Iman bukanlah meyakini sesuatu yang sudah benar dan pasti. Iman tidak pernah didasarkan atas intelektual kita.
-          Iman itu percaya kepada Tuhan yang disertai dengan penyerahan diri mutlak kepada-Nya.
-          Faktor penyerahan diri yang mutlak, misal ketika sakit tetap pergi ke dokter.
-          Beda dengan kepercayaan intelektual
-          Day by day (setiap hari)
-          Iman membuat kita berkenan di hadapan Tuhan
Ibrani 11:6 “Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.” Lukas 18:8 “Aku berkata kepadamu: Ia akan segera membenarkan mereka. Akan tetapi, jika Anak Manusia itu datang, adakah Ia mendapati iman di bumi?”

2.      Living by Word of God (Hidup oleh firman Tuhan)
Roma 10:17 “Jadi, iman timbul dari pendengaran,dan pendengaran oleh firman Kristus.” Iman tidak bisa dipisahkan dengan firman, bagaikan bejana yang saling berhubungan. Iman bersumber dari firman Tuhan. Living by faith (hidup oleh iman) adalah living by word of God, day by day (FResH). Iman juga perlu diperkatakan, Abraham berkata “Tuhan yang akan menyediakan”. Kisah wanita yang pendarahan mengatakan “asal ku jamah jumbai jubah-Nya, aku pasti sembuh”. Baca firman Tuhan setiap hari supaya iman kita tidak mati. Keselamatan tidak hanya berbicara masuk surga saja. Tujuan diselamatkan adalah supaya kita dibawa kembali kepada rancangan semula Tuhan atas kita.

3.      Living in God’s Image (Hidup serupa dengan Allah)
Kejadian 1:26 berfirmanlah Allah: “Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” Sejak semula, Tuhan menciptakan kita serupa dengan gambar dan rupa Tuhan. Di zaman PL, dosa ditutupi dengan korban persembahan. Manusia juga adalah ciptaan yang paling mulia sehingga ketika manusia berdosa maka harus ada korban yang juga manusia. Hanya melalui Yesus saja keselamatan itu ada, juga dinyatakan. Yesus harus jadi manusia untuk menebus dosa manusia supaya gambar dan rupa Tuhan itu dipulihkan. Bahkan di duni, image juga sangat penting. Saat kita melihat logo BMW bisa kita rasakan dan bayangkan kemewahan, kenyamanan, elegan, dsb. Sudahkah hidup kita, rumah kita mencitrakan/mencerminkan (image) Tuhan Yesus? Bila kita adalah rupa dan gambar Tuhan dalam kehidupan kita sehari-hari? baik dari perkataan, tingkah laku dan sikap kita?
I – Inovatif / Kreatif. Sudahkah kita berinovasi dan kreatif dalam menjangkau jiwa atau menjadi gambar dan rupa Tuhan? Belajar untuk maping jiwa-jiwa, siapa saja yang akan diajak dan doakan.
M – Magnificent / Keagungan Tuhan. Contoh: sudahkah sesuatu yang kita pakai sudah mencerminkan keagungan Tuhan?
A – Authority / Kuasa (Pengaruh). Yang menakutkan bagi orang Israel bukan mujizat tapi pengaruh Yesus. Sudahkah hidup kita membawa dampak dan pengaruh bagi orang lain. Orang yang diselamatkan adalah orang yang bisa membawa dan mempengaruhi orang lain datang kepada Tuhan Yesus.
G – Generous / Kemurahan Hati. Muncul karena Tuhan Yesus sudah lebih dulu mengasihi kita. Melayani harus lahir dari kemurahan hati akan membuat kita sukacita dalam melayani.
E – Excellent / Do the best. Melakukan lebih dari yang ditargetkan.
matius 5:41 “Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil”.

No comments:

Post a comment

Terima kasih telah menulis komentar yang positif.