Friday, 22 September 2017

Panduan FResH Rabu, 20 September 2017

Bahan FResH
Rabu, 20 September 2017
GBI Miracle Service Yogyakarta


JAMINAN KESELAMATAN
“dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seoranhpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku” – Yohanes 10:28

Ayat Bacaan : Kis 4:12, Yoh 10:28, Yoh 6:40, Ef 1:13-14
Bahan Sharing :
1.      Menurut saudara apa yang anda ketahui tentang jaminan keselamatan?
2.      Menurut saudara adakah keselamatan di luar Tuhan Yesus?
3.      Diskusikan istilah “sekali selamat tetap selamat”, apakah kita setuju dengan istilah tersebut?

Pengajaran tentang keselamatan itu berasal dari kata “Soteriologi”. Soteriologi berasal dari kata kerja “sozo” yang mempunyai arti dasar yaitu menjadi sehat, menyembuhkan, menyelamatkan. Dalam kaitannya dengan keselamatan manusia maka memiliki arti menyelamatkan dari kematian. Karena dosa maka manusia akan binasa dan mendapatkan kematian kekal. Dosa sangat mempengaruhi manusia secara luar biasa baik di dalam kepribadiannya dan juga terhadap hubungannya dengan Allah. Walaupun Allah membenci dosa, Dia sangat mengasihi manusia yang berdosa. Anugerah Allah lebih besar dari pada dosa. Karena kasihNya Allah merencanakan dan menyediakan keselamatan bagi manusia di dalam Yesus Kristus.

Konsep jaminan keselamatan di dalam Alkitab:

1.      Di dalam Tuhan Yesus kita pasti selamat.
Di dalam Yoh 10:28 dijelaskan bahwa Yesus memberikan jawaban bahwa “Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya...” (Bandingkan dengan 1 Yoh 5:13, Kis 4:12).
2.      Allah Bapa menjamin keselamatan kita.
Di dalam Yoh 6:40 dijelaskan bahwa Allah Bapa menginginkan bahwa setiap orang memperoleh hidup yang kekal. Diskusikan apa peranan Allah Bapa di dalam keselamatan?
3.      Roh Kudus menjamin dan mematerai orang percaya.
Di dalam Ef 1:13-14 dikatakan bahwa Roh Kudus memateraikan orang percaya dan menjamin bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah. Diskusikan apa peranan Roh Kudus di dalam keselamatan?
Kita memiliki jaminan keselamatan jika:
1.      Kita tidak murtad (Ibrani 6:4-6)
2.      Kita tidak hidup dalam dosa (Efesus 5:5, Matius 7:21-22)
3.      Kita tidak terus menerus mendukakan Roh Kudus (Ef. 4-30, 1 Tes 5:19, Maz 51:13)

GBI percaya akan keselamatan kekal yang terjamin pasti di dalam Kristus, tetapi jaminan keselamatan itu ada syaratnya. Syaratnya yaitu adalah tinggal di dalam Kristus (Yoh 15:5-6), kerjakan keselamatan itu, karena Allah yang mengerjakannya di dalam kita. Jadi tujuan akhir keselamatan bukan hanya masuk surga saja tetapi fokus kita mengenal Tuhan kita (Yoh 17:3) dan menjadi serupa dengan Kristus (Roma 8:29) serta memiliki hati buat jiwa-jiwa yang terhilang sehingga diselamatkan. Artinya bahwa kita diselamatkan buat menyelamatkan banyak jiwa.

No comments:

Post a comment

Terima kasih telah menulis komentar yang positif.