Friday, 1 September 2017

Panduan FResH Rabu, 30 Agustus 2017

Bahan FResH
Rabu, 30 Agustus 2017
GBI Miracle Service Yogyakarta


HIDUP SUNGGUH-SUNGGUH SETIAP HARI DENGAN TUHAN (4)
“Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.” (Kolose 3:17)

Ayat Bacaan: Mazmur 1, Kolose 3:17, dan Efesus 6:18
Bahan Sharing:
1.      Menurut saudara, hal-hal kecil atau kebiasaan-kebiasaan buruk apakah yang harus kita ubah dalam hidup kita?
2.      Lalu apakah hal-hal atau kebiasaan-kebiasaan baik yang harus kita tingkatkan?
Hidup sungguh-sungguh dengan Tuhan artinya adalah hidup senantiasa melakukan Firman Tuhan. Hidup sungguh-sunggu harus kita bangun setiap hari bukan tergantung mood atau suasana hati kita. Kata ‘setiap hari’ menunjukkan kebiasaan atau hal-hal yang selalu kita lakukan setiap hari. Hidup sungguh-sunggu bukan hanya di dalam gereja atau Hepi FResH, seminggu sekali, tetapi setiap hari dalam keluarga kita, kampus kita, pekerjaan kita, dll.

Makna orang yang hidupnya sungguh-sungguh setiap hari dengan Tuhan:

1.      Memiliki kebiasaan membaca dan merenungkan Firman Tuhan (Mazmur 1:2-3)
“Tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.” Banyak orang ingin hidup sungguh-sungguhtetapi tidak mau memulainya dengan hal kecil terlebih dahulu. Hal yang seringkali kita hindari adalah membaca dan merenungkan Firman Tuhan. Orang yang merenungkan Firman Tuhan setiap hari seperti pohon yang ditanam di tepi aliran air, yang kuat akarnya, dan menghasilkan buah bagi kemuliaan Tuhan. Tanpa memulai kebiasaan untuk membaca Firman Tuhan maka akan sulit bagi kita untuk menjadi orang yang melakukan kehendak Tuhan, karena kita tidak tahu bagaimana kehendak Tuhan. Kehendak Tuhan ada pada Firman Tuhan.

2.      Memiliki kehidupan Doa (Efesus 6:18)
“Dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus.” Sering dalam pertemuan Hepi FResH kita memberi contoh hidup sungguh-sungguh dengan Tuhan setiap hari adalah dengan TAWG (Time Alone With God) atau saat teduh. Doa adalah komunikasi kita dengan Tuhan yang harus kita bangun setiap saat dan setiap hari. Doa bukan sekedar lipat tangan dan tutup mata. Komunikasi atau keintiman dengan Tuhan bukan sekedar lagu pelan yang kita nyanyikan. Doa adalah hubungan kita dengan Tuhan dengan seluruh hati yang kita lakukan setiap hari. melibatkan Tuhan dalam seluruh aspek hidup kita setiap hari.

3.      Perkataan yang penuh ucapan syukur (Kolose 3:17)
“Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.” Apa yang kita ucapkan setiap hari? Firman Tuhan katakan bahwa hidup dan mati seseorang dikuasai oleh lidah atau perkataannya. Hidup sungguh-sungguh dengan Tuhan juga memiliki arti mengawasi dan menjaga perkataan-perkataan kita setiap hari. perkataan yang perlu kita bangun setiap hari adalah perkataan-perkataan ucapan syukur dan pujian bagu Tuhan. Sering orang memiliki kebiasaan mengucapkan kata “mampus”, “mati”, dan lain-lain yang negatif artinya. Mari kita bangun setiap hari kebiasaan berkata-kata yang baik yaitu perkataan yang baik dan ucapan syukur kepada Tuhan.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah menulis komentar yang positif.