Saturday, 16 September 2017

Panudan FResH Rabu, 13 September 2017

Bahan FResH
Rabu, 13 September 2017
GBI Miracle Service Yogyakarta


DISELAMATKAN #2
(HANYA OLEH ANUGERAH)
“Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri”

Ayat Bacaan: Efesus 2:8-9
Bahan Sharing:
1.      Jika hari ini kita dipanggil Tuhan, apakah saudara yakin pasti masuk surga?
2.      Berikan alasan mengapa saudara bisa masuk surga?
Efesus 2:8-9 meyatakan dengan tegas bahwa tidak ada usaha manusia yang dapat membawanya masuk ke dalam surga. Artinya surga tidak dapat kita peroleh dengan perbuatan kita yang baik, tetapi oleh karena iman. Iman percaya kita kepada Tuhan Yesuslah yang telah menyelamatkan kita. Keselamatan bukanlah usaha manusia tetapi pemberian Allah atau anugerah (kasih karunia). Kasih karunia adalah kasih yang diberikan oleh Allah kepada kita bukan karena apa yanh telah kita lakukan atau karena kebaikan kita, tetapi karena Allah mengasihi kita. Roma 5:8 “Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.”
Perbuatan baik tidak menyelamatkan. Mengapa perbuatan baik tidak menyelamatkan? (sharingkan)
Matius 5:48 “Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna”
Jika keselamatan didasarkan pada perbuatan baik maka standar baik itu adalah dengan standar Allah, yaitu sempurna. Dari angka 1-100 maka angka sempurna adalah 100. 99,999 tidak dapat disebut sebagai sempurna. Berikan ilustrasi ini: ada telor berjumlah 10. Dari 10 telor ini 9 telor baik, hanya 1 telor saja yang tidak baik, itu tidak dapat dikatakan sempurna. Jika keselamatan bergantung kepada perbuatan baik kita, maka tidak akan ada manusia yang diselamatkan. Atau perbuatan baik kita dan perbuatan buruk kita ditimbang, mana yang lebih berat? Apakah dosa itu? Dosa bukan saja apa yang kita lakukan tetapi juga yang kita pikirkan. Kita tidak berbuat jahat tetapi kita memikirkan yang jahat atau membenci seseorang dalam hati, maka kita telah berbuat dosa. Yakobus 4:17 “Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa”.
Keselamatan karena kasih karunia oleh iman.
Roma 3:23-24 “Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.”

Semua manusia telah berdosa dan upah dosa adalah maut (kematian kekal/neraka), tetapi oleh kasih karuna Tuhan Yesus kita dibenarkan melalui penebusan (korban) Tuhan Yesus Kristus. Kasih karunia adalah kasih Allah yang besar kepada manusia bukan karena apa yang telah manusia lakukan tetapi karena kasih-Nya semata. Dan kasih karunia itu dinyatakan melalui korban Tuhan Yesus Kristus. Tidak ada manusia yang diselamatkan karena perbuatannya tetapi karena kasih karunia Tuhan Yesus oleh iman. Roma 10:10 “Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.”

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah menulis komentar yang positif.